Progaruda adalah portal penyedia informasi terkini dan update tentang Tanah air.

Sp Kue Adalah Singkatan Dari? 

Sp Kue

SP kue adalah singkatan dari Super Polymer. Sp pengembang Kue adalah salah satu jenis cake emulsifier atau pengemulsi kue. Emulsifier adalah bahan tambahan makanan yang berfungsi untuk menyatukan dua bahan yang tidak bisa menyatu secara alami, yaitu minyak dan air. 

Bahan kue populer tersebut terbuat dari campuran TBM (Tropical Blend) dan Ovalet. TBM adalah bahan pengemulsi yang terbuat dari asam lemak dan gliseril monostearat. Ovalet adalah bahan pengemulsi yang terbuat dari lesitin kedelai. 

Manfaat Sp Pada Proses Pembuatan Kue 

Buat yang suka bikin kue, tidak banyak orang yang paham secara valid ada fungsi atau manfaat dari pengembang kue dan mengapa di gunakan. Jadi, SP bahan kue memiliki fungsi sebagai berikut: 

  • Meningkatkan volume dan kekenyalan kue 
  • Membuat kue lebih lembut dan halus 
  • Membantu kue mengembang secara merata 
  • Mencegah kue bantat 

Jadi pelembut kue ini biasanya digunakan untuk pembuatan kue seperti sponge cake, chiffon cake, dan martabak. Karena kue-kue tersebut harus dibuat mengembang dan kenyal makanya digunakanlah bahan tersebut. 

Cara Menggunakan Sp Pelembut Kue

Larutkan pelembut kue dengan sedikit air atau susu hangat 

Pelembut kue tersebut memiliki tekstur yang kering dan padat. Oleh karena itu, perlu dilarutkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan kue. Larutkan SP kue dengan sedikit air atau susu hangat. Untuk melarutkan pelembut kue, Anda dapat menggunakan metode berikut: 

  • Masukkan SP pengembang kue ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan sedikit air atau susu hangat. Aduk hingga larut sempurna. 
  • Tambahkan pelembut kue ke dalam wadah yang tahan panas. Tuang air atau susu hangat ke dalam wadah tersebut. Panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk hingga SP pelembut kue larut sempurna. 

Masukkan larutan

Setelah SP larut, masukkan larutan tersebut ke dalam adonan kue. Masukkan larutan pengembang kue secara bertahap sambil terus diaduk hingga rata. 

Aduk adonan kue hingga rata 

Setelah memasukkan larutan pelembut kue, aduk adonan kue hingga rata. Aduk adonan kue dengan menggunakan mixer atau whisk. Aduk hingga adonan kue mengembang dan berwarna putih pucat. 

Gunakan sesuai Petunjuk Yang Ada Pada Kemasan 

Gunakan bahan tersebut sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Jumlah pengembang kue yang dibutuhkan biasanya tergantung pada jumlah telur yang digunakan. 

Tips Menggunakan Pelembut kue

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan bahan tersebut: 

  • Gunakan SP yang masih segar. SP yang sudah lama disimpan dapat kehilangan efektivitasnya. 
  • Larutkan SP dengan benar. Larutkan pengembang kue hingga benar-benar larut agar tidak ada gumpalan yang tersisa. 
  • Masukkan larutan SP ke dalam adonan kue secara bertahap. Hal ini untuk mencegah adonan kue menggumpal. 
  • Aduk adonan kue hingga benar-benar rata. Adonan kue yang tidak rata dapat menyebabkan kue menjadi bantat. 

Dengan mengikuti cara penggunaan pengenyal kue yang benar, Anda dapat membuat kue yang lembut, halus, dan mengembang sempurna. 

Apakah Ada Pengganti Sp Untuk Kue? 

Nah, bila kebetulan kamu sulit menemukan bahan tersebut, ada beberapa opsi lain pengganti yang bisa kamu gunakan untuk situasi tertentu yaitu: 

  • Putih telur 
  • Yoghurt tawar 
  • Krim tartar 
  • Tepung self-rising 

Untuk menentukan pengganti bahan yang tepat kamu harus mempertimbangkan jenis kue yang akan dibuat. Misalnya saja, kamu akan membuat kue yang teksturnya lembut dan halus, bisa menggunakan putih telur atau yoghurt tawar. Intinya, kamu harus lebih memahami lagi tentang bahan-bahan tersebut agar hasilnya maksimal. 

Kesimpulan 

Sp kue merupakan salah satu cara bahan yang sering di gunakan untuk membuat kue rumahan ataupun industri. Tentu menggunakannya tidak boleh sembarangan, jadi pastikan kalo kamu ingin menggunakannya untuk selalu mengikuti arahan yang tertera pada kemasannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *