Progaruda adalah portal penyedia informasi terkini dan update tentang Tanah air.

Kue Burayot Garut, Rasa dan Tampilannya  Unik! Yuk Cari Tau! 

kue burayot
kue burayot

Kue Burayot Garut adalah kue yang wajib kamu cobain ketika bertandang ke kota tersebut, tidak hanya dodol keunikan Burayot mengundang rasa penasaran. 

Kue burayot adalah salah satu kue tradisional khas dari Garut, Jawa Barat. Kue ini memiliki bentuk yang unik, menyerupai bola-bola kecil yang menggelayut pada sebatang bambu. Nama “burayot” sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu “ngaburayot” yang artinya bergelantungan. 

Kue burayot biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti Lebaran, hajatan, atau sebagai oleh-oleh. Kue ini juga sering dihidangkan sebagai camilan sehari-hari. 

Bentuk, Rasa, dan Tekstur Unik Kue Burayot

Makanan khas Garut terbuat dari adonan tepung beras, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa. Adonan tersebut digoreng dengan cara diteteskan menggunakan cetakan kecil langsung ke sebatang bambu yang diolesi minyak. 

Burayot memiliki rasa manis legit dari gula merah, gurih dari kacang tanah, dan tekstur yang renyah. Perpaduan rasa dan tekstur tersebut menjadikan burayot sebagai jajanan yang sangat lezat. Apabila kamu tahu, rasanya mirip sekali dengan kue yang bernama kue cincin atau kue ali. Jadi, hanya bentukannya saja yang berbeda. 

Hal Unik Pada Burayot Yang Wajib Kamu Tahu 

Nah,Ternyata Selain bentuknya yang unik, ada beberapa hal unik lainnya pada makanan khas kota Garut tersebut, yaitu: 

  • Proses pembuatannya yang unik. 

 Adonan burayot digoreng dengan cara diteteskan langsung ke sebatang bambu yang diolesi minyak. Hal ini membuat makanan legit tersebut memiliki bentuk yang unik dan tidak bisa ditemukan di kue tradisional lainnya. 

  • Tradisi dan keberkahannya 

Makanan khas Garut itu sering disajikan pada acara-acara khusus seperti Lebaran, hajatan, atau sebagai oleh-oleh. Hal ini menjadikan kue burayot sebagai simbol tradisi dan keberkahan. 

  • Kepopulerannya sebagai oleh-oleh 

Makanan penutup tersebut sangat populer sebagai oleh-oleh khas Garut. Walaupun Garut di kenal sebagai kota dodol namun ketika kamu datang ke kotanya kamu akan menemukan banyak juga burayot. Hal ini membuat makanan unik tersebut selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Garut.  

Resep Mudah  

Nah, karena bentuk dan rasanya juga spesial. Memang sih kalo ingin menyamai bentukan dan rasa aslinya tidak akan mudah. Namun kita berikan resep dan panudan cara membuat burayot yang bisa kamu coba di rumah: 

Bahan-bahan: 

  • 250 gram tepung beras 
  • 100 gram gula merah, sisir halus 
  • 50 gram kacang tanah, sangrai 
  • 1 sendok makan minyak goreng 

Cara membuat Kue Burayot: 

  1. Campurkan tepung beras, gula merah, dan kacang tanah sangrai. Aduk rata. 
  1. Tambahkan minyak goreng, aduk kembali hingga adonan kalis. 
  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. 
  1. Ambil adonan secukupnya, lalu teteskan ke dalam wajan menggunakan cetakan kecil. 
  1. Goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan. 
  1. Angkat dan tiriskan. 
  1. Sajikan kue burayot selagi hangat. 

Cara Mendapatkanya Bagaimana?

Bila anda tidak mau ribet untuk harus membuat sendiri dan belum tentu berhasil. Maka bisa mendapatkannya di toko online dengan mudah. Atau bila ingin merasakan kue burayot yang masih hangat lansung saja datang ke Garut. 

Karena, di sepanjan jalan kamu akan menemukannya sangat mudah. Makanan khas Garut tersebut bisa Anda temukan di berbagai pasar tradisional dan toko oleh-oleh di Garut. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp5.000-Rp10.000 per porsi. 

Kesimpulan 

Kue burayot adalah salah satu kue tradisional khas Garut yang memiliki rasa dan tampilan yang unik. Perpaduan rasa manis legit dari gula merah, gurih dari kacang tanah, dan tekstur yang renyah menjadikan oleh-oleh khas Garut tersebut sebagai jajanan yang sangat lezat. Jika Anda berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk mencoba kue burayot yang lezat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *